Kolam Segaran


 

 
     Kolam Segaran terletak di Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Lokasinya tepat di depan Balai Penyelamatan Arca Trowulan (Pusat Informasi Majapahit sekarang). Kolam Segaran merupakan satu diantara 32 kolam kuno (diduga berada di wilayah Ibukota Majapahit) yang masih dapat disaksikan hingga saat ini.

Deskripsi Bangunan
         Kolam Segaran merupakan bangunan kolam kuno terbesar yang pernah ditemukan di Indonesia dengan luas kurang 6,5 hektar dengan bentuk denah kolam berukuran panjang 375 meter dan lebar 125 meter, dinding kolam setinggi 3,60 meter dengan kedalaman air ± 3 meter. Lebar dinding Kolam Segaran adalah ± 1,6 meter dengan pintu masuk berada di sebelah barat. Dinding kolam Segaran dibuat dari bahan bata dengan sistem perekat digosokan hingga bata tersebut melekat satu sama lainnya.

     
      Pada bagian tenggara terdapat saluran air yang masuk ke dalam kolam, sedangkan di barat laut terdapat saluran air keluar dari kolam. Saluran ini berhubungan pula dengan balong dowo yang letaknya di barat laut dan balong bundar di selatan.
 
 
Kolam Segaran dalam Sejarah
     Berdasarkan adanya saluran masuk dan keluar, di duga Kolam Segaran dahulunya berfungsi sebagai waduk penampung air. Kolam ini diperkirakan sama dengan kata “telaga” yang disebutkan dalam Nagarakretagama.
 
     Fungsi kolam Segaran belum diketahui secara pasti. Namun, menurut cerita masyarakat setempat, Kolam Segaran merupakan sanitasi dan saluran irigasi bagi wilayah pertanian di waktu musim kemarau tiba. Terdapat juga dugaan bahwa kolam tersebut digunakan untuk rekreasi dan menjamu tamu dari luar Kerajaan Majaphit.  
 
Kepustakaan:
Abas, H.M.S, Drs, M.Si. Dkk. (2001). PENINGGALAN SEJARAH DAN KEPURBAKALAAN di Jawa Timur. Jawa Timur: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur.
Tim Koordinasi Siaran Direktorat Jenderal Kebudayaan. (1994). Khasanah Budaya Nusantara V. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
 Tim Pembinaan Peninggalan Sejarah dan Purbakala Bekas Kota Kerajaan Majapahit. (1995) Upaya Pelestarian Situs Kota Kerajaan Majapahit di Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur 1983-1995. Jawa Timur: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur.
  
Narasumber
Masyarakat sekitar Trowulan
 
 Sumber Foto,
Koleksi Foto Tim Wacana Nusantara
Sumber Tulisan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s